Friday, May 17, 2013

Membuat konsistensi tim dalam bekerja

Satu fenomena yang menarik berbicara tentang sumber daya manusia adalah tentang bagaimana mebuat anggota tim menjadi konsisten, konsisten terhadap apa? Konsisten terhadap pada apa yang dikerjakan sehari-hari.

Konsisten ini sangat dibutuhkan untuk membuat sistem yang ada diperusahaan bisa berjalan dengan baik. Sistem harus jalan. Karena kalau sistem tidak berjalan, akan beresiko pada perusahaan itu sendiri.

Apa yang harus dilakukan? Membuat kontrol dan pengawasan atas aturan yang dibuat. Kontrol adalah penting dalam membuat konsistensi tersebut.

Kontrol bukan berarti harus tegas. Bukan. Akan tetapi bagaimana melihat rencana dan hasil yang dicapai. Target tetap bagaimana rencana harus dicapai.

Pada tahap inilah dilihat apakah ada gap atau kesenjangan dalam pencapaian hasil. Kemudian, lakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan untuk mencapai yang lebih baik.

Berikan solusi pada anggota tim tersebut. Kemudian, berikanlah contoh bagi anggota tim. Leading by example adalah harus dilakukan untuk tim. Selamat beraktivitas jumat ini ya... Semoga sukses selalu
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment