Friday, May 3, 2013

Meningkatkan ksa karyawan untuk proses bisnis

Salah satu pembahasan utama kemaren dengan manajemen perusahaan adalah peningkatan knowledge, skill dan attitude (ksa). Peningkatan ini relevan dengan business process dalam perusahaan mereka. Terdengar simple, tetapi fondasi sekali.

Bicara tentang business process suatu perusahaan, semakin terasa bahwa pencapaian tujuan perusahaan berupa total profit tersebut sangat dipengaruhi business process. Pengaruhnya pada tingkatan total revenue dan total cost. Masa???? Itu pertanyaan teman saya sambil becanda.

Ya iyalah, kata saya, bukan kata teman saya, ha2..becanda ding. Memang benar, proses bisnis tersebut sangat menentukan pencapaian tujuan perusahaan kedepannya.

sehubungan dengan proses bisnis ini, sumber daya manusia adalah kunci keberhasilannya. Sumber daya manusia adalah aktor dalam menjalankan proses bisnis tersebut. Suka tidak suka, itulah kenyataannya.pertanyaan teman saya selanjutnya.

Peningkatan knowledge, skill dan attitude daripada karyawan harus terus dilakukan, bagaimana caranya? Lakukan dan berikan training buat mereka. Training yang berhubungan dengan hard competency seperti pengetahuan manajemen, manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sdm. Demikian juga dengan soft competency seperti leadership, komunikasi, decision making, dan lain-lain.

Hal ini sangat menentukan kualitas sumber daya manusia kita nantinya dalam menjalankan proses bisnis perusahaan itu sendiri... Sukses buat kita semua...

Terus, bagaimana dong?
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment