Thursday, December 27, 2012

Kok pelatihan saya tidak berdampak pada perusahaan???

Dalam suatu wawancara dengan salah seorang karyawan yang bertugas dibidang diklat perusahaan bank daerah, ada suatu pernyataan yang membuat saya kaget dan sebenarnya tidak perlu terjadi dengan apa yang mereka dapati saat ini di perusahaan tersebut.

Masalhanya adalah berhubungan dengan pelatihan yang diselenggarakan kepada karyawan perusahaan mereka dan sudah menghabiskan dana yang tidak sedikit sesuai anggaran yang mereka miliki. Selain itu, pengorbanan kepada waktu dan tenaga juga banyak agar pelatihan dapat bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan.

Dampak yang diharapkan adalah meningkatkan knowledge, skill dan attitude serta morale karyawan setelah mendapatkan pelatihan yang diberikan. Pada akhirnya , dapat memanfaatkan hasil pelatihan di kantor dan diidikasikan dengan peningkatan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Sempat saya termenung memikirkan masalah ini karena kok bisa seperti itu ya? Harusnya tidak seperti itu dimana pelatihan harusnya mampu meningkatkan produktivitas karyawan.

Saya mendapatkan jawaban setelah mendalami pernyataan beliau bahwa terdapat banyak faktor dalam mencapai tujuan pelatihan tersebut. Faktor nya adalah karyawan yang ikut pelatihan itu sendiri, instruktur yang memberikan pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan serta fasilitas pendukungnya.

Pelajaran berharga dari kejadian ini adalah bagaimana perusahaan harus mampu menganalisis pelatihan tersebut dengan baik.

No comments:

Post a Comment